Senin , 12 April 2021
Home » AGENDA » 11 Anggota AJI Mandar Akan Ikut UKJ di Makassar
Kegiatan UKJ oleh AJI yang dilaksanakan 2013. Juga diikuti beberapa jurnalis dari AJI Mandar

11 Anggota AJI Mandar Akan Ikut UKJ di Makassar

Guna meningkatkan kapasitas keilmuan dan kompetensi sebagai jurnalis, beberapa jurnalis Sulawesi Barat yang tergabung di Aliansi Jurnalis Indipenden (AJI) Mandar akan mengikuti Ujian Kompetensi Jurnalis yang diadakan AJI Indonesia bekerjasama AJI Makassar, Makassar 22-23 Juli 2017. Sehari sebelumnya diadakan Workshop Jurnalistik.
Adapun utusan AJI Mandar di UKJ tersebut adalah Harmegi (Fokus Metro Sulbar), Jamal M. Tanniewa (Fokus Metro Sulbar), Ilham (Fajar), Samuel Mesakaraeng (Polman Ekspress), Risal Tangdira’ba (Indonesiasetara.com), Frendy Christian (Transtipo.com), Muhammad Ridwan Alimuddin (freelance), Taufik (fokusmetrosulbar.com), Irwan (mandarnews.com), Yohanis (Koran Metro Sulbar), dan Hapri Nelpan (Sulbar Raya).
UKJ yang diadajak AJI hanya bisa diikuti oleh anggota AJI di seluruh Indonesia. Calon peserta terlebih dahulu memasukkan berkas pendaftaran, mulai dari formulir berisi biodata pribadi, rekomendasi redaksi (khususnya yang bekerja di perusahaan media) hingga rekomendasi dari AJI tempat dia tergabung.
Materi yang diberikan di UKJ antara lain adalah materia dasar tentang jurnalisme yang mencakup Profesionalisme, Komunikasi Massa, Pers Nasional dan Media Global, Hukum Pers; tentang teori jurnalistik meliputi Prinsip-prinsip Jurnalistik, Unsur Berita, Nila Berita, Jenis Berita, Bahasa Jurnalistik, Fakta dan Opini, Narasumber, dan Kode Etik Jurnalistik.
Juga ada praktek wawancara, menjalankan liputan, menyusun berita, menyunting berita, merancang materi dan desain, mengelola manajemen redaksi, menetapkan kebijakan redaksi, dan penggunaan teknologi.
Materi paling penting adalah pendalaman Kode Etik Jurnalistik, yakni pemetaan dan penyikapan problem etik dan perincian Kode Etik ke Kode Perilaku.
Kegiatan UKJ adalah keharusan bagi jurnalis agar kualitas kerja terukur. Harapannya, usai mengikuti UKJ, jurnalis bisa memberi karya-karya jurnalistik berkualitas bagi masyarakat. Sebab namanya ujian, setiap peserta UKJ belum tentu lulus UKJ.
Ada tiga jenjang jurnalis di UKJ, yakni Muda, Madya dan Utama. Jurnalis Muda adalah jurnalis yang sudah menjalakan kerja jurnalistik profesional antara 2-5 tahun berjalan atau berposisi sebagai reporter/asisten, penulis/asisten produser/asisten, redaktur; Jurnalis Madya adalah jurnalis yang menjalankan kerja jurnalistik profesional 6 – 11 tahun berjalan atau berposisi penulis/produser/redaktur; dan Jurnalis Utama yang menjalankan kerja jurnalistik profesional minimal 12 tahun atau berposisi redaktur senior/produser senior/redaktur pelaksana/penanggung jawab rubrik/koordinator liputan dan posisi-posisi di atas itu.
Tujuan UKJ adalah menyiapkan dan mengantarkan anggota AJI untuk memiliki standar kompetensi jurnalistik; dan AJI mempertahankan acuan standar jurnalistik yang tinggi serta relevan dengan perkembangan pers dan media massa.

About admin

Check Also

AJI Kota Mandar Kembali Gelar GIN dan Halfday Workshop

Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Kota Mandar bekerjasama dengan Google News Initiative (GNI), Internews dan AJI ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *