Kamis , 6 Agustus 2020
Home » BERITA » GMKI Gandeng AJI Gelar Pelatihan Dasar Jurnalis di Mamasa

GMKI Gandeng AJI Gelar Pelatihan Dasar Jurnalis di Mamasa

Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI) Cabang Mamasa, Sulawesi Barat gelar pelatihan dasar jurnalistik bekerjasama Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Kota Mandar. Kagiatan itu berlangsung di aula Hotel Al-Ihlas, Kampung Baru, Mamasa Rabu (16/10/2019) pagi.

Ketua GMKI Cabang Mamasa, Pampang Tiku mengatakan, kegiatan yang pihaknya lakukan didasari dengan keinginan untuk mengembangkan pemahaman di dunia jurnalis. Pampang beranggapan, jurnalis dan mahasiswa adalah bagian yang tidak terpisahkan. Tambahnya, sebagian dari karya jurnalis merupakan dasar dari pergerakan mahasiswa.

Dewan Etik AJI Kota Mandar, Edi Junaedi sekaligus sebagai pemateri mengapresiasi kegiatan yang diinisiasi GMKI. “Kegiatan itu bagian dari program AJI secara umum, untuk bagaimana merangkul mahasiswa menjadi mitra dalam pengembangan pemahaman jurnalis. Kita berbangga terhadap GMKI sebab dapat menjadi mitra kita,” kata jurnalis senior Sulawesi Barat tersebut.

Menurut Edi Junaedi yang juga Ketua AJI Kota Mandar periode pertama, “Membangun peradaban jurnalis yang beradab, seharusnya dimulai dari kampus. Dari kampuslah berasal semangat dan pemikiran kritis, yang tidak sekitar basa-basi. Itulah alasan kenapa AJI membangun jaringan ke kampus-kampus,” pungkasnya.

Selain Edi Junaedi, materi di pelatihan jurnalistik yang bertema “Membangun Kesadaran Kritis Mahasiswa Melalui Ilmu Jurnalistik” tersebut juga dibawakan oleh anggota AJI Kota Mandar yang lain Yusri, yang akrab disapa Yusri Mampie. Yusri membawakan materi tentang teknik pendokumentasian.

Dihubungi terpisah, Muhammad Ridwan Alimuddin, Ketua AJI Kota Mandar saat ini (periode ketiga), sangat menyambut kegiatan di Mamasa. “Kegiatan AJI Kota Mandar sudah sering dilaksanakan di Polman, Majene dan Mamuju. Kegiatan pelatihan bersama GMKI adalah yang pertama. Adalah apresiasi bagi kami ketika teman-teman di Mamasa berkolaborasi dengan AJI Kota Mandar untuk membangun SDM jurnalis yang lebih berkualitas,” kata Muhammad Ridwan Alimuddin.

Oleh: Frendy

About admin

Check Also

Diskusi Publik #saveKPK

MAJENE – Penolakan terhadap upaya pelemahan KPK, baik dalam proses pemilihan komisioner KPK dan revisi ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *