Kamis , 23 September 2021
Home » AGENDA » Training of Trainers Data Driven Journalism

Training of Trainers Data Driven Journalism

AJI Indonesia melalui program CEGAH USAID akan melaksanakan Training of Trainers (ToT) di Jakarta pada 11 dan 12 Februari 2017 dan melibatkan kalangan jurnalis di Indonesia. Kegiatan ini diharapkan tidak hanya meningkatkan kualitas karya jurnalistik, tapi juga mengoptimalkan fungsi pengawasan (watchdog) khususnya dalam isu layanan publik, sebagai bentuk partisipasi mendorong open government.

Program apakah ini?

Training of Trainers (TOT) ini merupakan pelatihan untuk meningkatkan pemahaman kepada kalangan jurnalis mengenai pentingnya data untuk memperkuat karya-karya jurnalistik. Dalam kegiatan ini diharapkan mendorong peningkatan skill jurnalis dan editor dalam penguasaan tools yang bermanfaat untuk optimalisasi penggunaan open data, serta mendorong editor dan jurnalis terlibat dalam kampanye keterbukaan data untuk public.

Peserta yang sudah mengikuti TOT akan menjadi co-trainer untuk pelaksanaan Workshop Investigasi menggunakan metode Data Driven Journalism di beberapa kota.

Siapa yang dapat menjadi peserta?

Jurnalis dari berbagai platform media (cetak/online, televisi, dan radio) dengan pengalaman kerja minimum 12 tahun. Prioritas diberikan kepada jurnalis dari wilayah Maluku Utara, Sumatera Utara, Jawa Timur, Banten-Jakarta-Jawa Barat, dan sekitarnya. Peserta diharapkan pernah memiliki pengalaman melakukan liputan investigasi, dan pernah menjadi trainer bagi jurnalis.

Program ini akan diberikan kepada 20 jurnalis terpilih.

Bagaimana cara menjadi peserta?

Untuk dapat menjadi peserta, rekan-rekan dapat mengisi formulir pendaftaran dalam Google Sheet ini: https://goo.gl/forms/dGwvTCUDK8P4H5wX2

Selambat-lambatnya tanggal 3 Februari 2017

Bagaimana proses seleksi?

Seleksi dilakukan terhadap semua lamaran yang masuk. Prioritas diberikan kepada pengalaman menjadi jurnalis dan keterwakilan wilayah. Setiap pelamar akan menerima pemberitahuan mengenai terpilih atau tidaknya sebagai peserta TOT.

Bagaimana proses setelah seleksi?

Peserta terpilih akan mengikuti pelatihan selama 2 hari di Jakarta. Metode yang digunakan adalah pemaparan, diskusi, serta simulasi dalam kelompok. Dalam prosesnya akan ada simulasi untuk beberapa proses dalam penggunaan open data. Simulasi akan dilakukan secara kelompok dan individu, serta menggunakan studi kasus yang nantinya bisa dipublikasikan hasilnya sebagai karya jurnalistik di www.independen.id

Training akan difasilitasi oleh trainer jurnalis yang berpengalaman dalam membuat liputan investigasi serta penggunaan metode data driven journalism. Trainer akan didampingi oleh co-trainer terutama pada saat simulasi.

Program ini akan menanggung biaya belajar selama dua hari termasuk material pendukung, akomodasi dan makan selama pelatihan berlangsung, transportasi dari kota asal ke lokasi pelatihan dan sebaliknya.

Perlu informasi lebih jelas?

Jika rekan-rekan membutuhkan informasi lebih jelas terkait topik ataupun informasi lainnya, silakan mengirim email ke: beasiswa.aji@gmail.com

DOWNLOAD TOR disini

About admin

Check Also

Syarat Pendaftaran AJI Kota Mandar

Bekerja sebagai jurnalis yang bekerja di media (reporter, redaktur, editor, produser, dan semua yang terlibat ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *