Kamis , 13 Mei 2021
Home » PRESS RELEASE » Kerjasama dengan LPP Karakter Unsulbar
Ketua AJI Kota Mandar, Muhammad Ridwan Alimuddin memberi materi jurnalistik di salah satu diklat jurnalistik yang diadakan LPP Karakter Unsulbar.

Kerjasama dengan LPP Karakter Unsulbar

Media kampus terbesar di Sulawesi Barat adalah Lembaga Penerbitan dan Penyiaran (LPP) Karakter Universitas Sulawesi Barat. Pembina dan pendirinya adalah Farhanuddin, M.Si sekretaris AJI kota Mandar, periode 2008 – 2011.
AJI Kota Mandar banyak melakukan kegiatan bersama LPP Karakter, merupakan bagian dari semangat AJI untuk menumbuhkan generasi jurnalis handal di lingkungan kampus.
Pada 4 Juni 2017 diadakan kegiatan sederhana di salah satu café di Majene yang dirangkaikan dengan buka puasa bersama. Nama kegiatannya, “Ngaji Jurnalistik”. Ketua Aliansi Jurnalis Independen ( AJI ) Kota Mandar, Sulbar, Muhammad Ridwan Alimuddin berbagai ilmu tentang tematik dalam liputan dan bermedia sosial yang lebih sehat dan bermanfaat. Kemudian pada 19 Juli, saat Konsulat Jenderal Australia datang ke Majene untuk bertemu dengan jurnalis dari AJI Kota Mandar, jurnalis LPP Karakter ikut diundang.
Saat LPP Karakter mengadakan Diklat Jurnalistik Dasar Mahasiswa, 21 – 23 September 2017, AJI Kota Mandar ikut mendukung. Anggota senior AJI Makassar Upi Asmaradhana, Ketua AJI Kota Mandar Muhammad Ridwan dan anggota AJI Kota Mandar Muhammad Ilham menjadi pembicara, selain mantan penyiar VoA Fauziah Erwin dan dosen komunikasi, Dian Muhtadiah Hamna. Demikian juga pada Diklat LPP Karakter Unsulbar 16 – 18 April 2018 dan 05 – 07 Maret 2020. Yang spesial di pelaksanaan diklat 2020 adalah salah satu pematerinya adalah anggota Majelis Pertimbangan Organisasi (MPO) AJI Indonesia, Dhandy Dwi Laksono. Kehadirannya difasilitasi AJI Kota Mandar.
Baik sebagai pribadi (pegiat literasi) maupun sebagai anggota AJI Kota Mandar, Muhammad Ridwan (Ketua AJI Kota Mandar) membantu pengadaan pustaka jurnalistik. Pada 19 Desember 2017, menyumbangkan sejumlah buku bertema jurnalistik ke redaksi Lembaga Penerbitan dan Penyiaran (LPP) KARAKTER Unsulbar. Penyerahan sumbangan buku jurnalistik dari Muhammad Ridwan ke Redaksi KARAKTER bertempat di Nusa Pustaka, di desa Pambusung, kecamatan Balanipa, kabupaten Polewali Mandar. Sebelum penyerahan buku dari ketua AJI Mandar ke KARAKTER, terlebih dahulu digelar upgrading atau pelatihan lanjutan dalam rangka peningkatan mutu dan kapasitas jurnalis kampus, KARAKTER Unsulbar. Materinya teknik pemilihan angle dan tema liputan.
Pada kegiatan AJI Kota Mandar, jurnalis dari LPP Karakter juga sering terlibat membantu. Misalnya pada kegiatan Ujian Kompetensi Jurnalis (UKJ) yang diadakan di Majene 2-3 Februari 2018. Mahasiswa jurnalis kampus KARAKTER Unsulbar terlibat aktif sebagai panitia pelaksana, salah satu tugasnya adalah menjadi admin pada ujian tersebut. Tugas utama admin UKJ itu adalah mendampingi penguji saat menguji kompetensi para wartawan peserta ujian.

About admin

Check Also

PERNYATAAN SIKAP AJI KOTA MANDAR TERHADAP PENYERANGAN SAUDARA RIADI SYAM

BERDASAR artikel http://mandarnews.com/2021/02/25/posko-relawan-gempa-sulbar-diserang-orang-tak-dikenal/ yang memberitakan penyerangan orang tak dikenal ke Posko Relawan IPMAPUS (Ikatan Pelajar ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *